Senin, 21 November 2016

10 Serial TV terbaik Sepanjang Masa

Menonton adalah hobi hampir semua orang. Bagaimanapun, kita perlu melarikan diri sejenak dari rutinitas hidup yang terus berjalan. Dan menonton adalah salah satu piknik paling murah yang bisa kita lakukan, selain membaca buku tentunya. Sebenarnya perfilman Indonesia sempat terpuruk paka awal dekade 90-an. Jumlah film Indonesia yang tayang di bioskop saat itu hanya bisa dihitung dengan jari, itupun sebagian besarnya merupakan film semi porno yang dibintangi Sally Marcellina. Barulah pada awal tahun 2000-an, perfilman Indonesia bangkit dengan kemunculan film Petualangan Sherina dan Ada Apa Dengan Cinta.

Salah satu hal yang menyebabkan perfilman Indonesia terpuruk pada tahun 90-an adalah banyaknya bermunculan TV Swasta yang menanyangkan acara-acara mirip film di sebagian besar jam tayangnya. Namun untuk menyesuaikan dengan gaya tujuan televisi, maka film-film itu dibuat bersambung agar bisa tetap mengikat penonton setia dan mendatangkan iklan. Inilah awal perkembangan serial TV Indonesia. Tida khanya memproduksi sendiri, sebagiannya juga mengimpor serial dari luar.

Tidak seperti menonton film di bioskop, menonton serial TV memiliki keseruan tersendiri bagi saya. Pada serial TV biasanya cerita dibuat lebih kompleks dan panjang. Sehingga kita bisa mengikuti lebih banyak kehidupan karakter favorit :). Berikut ini ada 10 serial TV favorit versi saya, ada yang lokal serta Barat.

Once Upon A Time (On Going Season 6)


 

Once Upon A Time adalah serial TV produksi ABC yang season pertamanya mengudara tahun 2011. Cerita ini berpusat disebuah kota fiktif bernama "Storybrooke". Penduduk kota ini bukan orang-orang biasa, mereka adalah karakter dari dongeng-dongeng klasik yang terperangkap dalam dunia manusia karena kutukan Evil Queen. Mereka tidak menyadari siapa diri mereka sebenarnya sampai Henry, anak sang walikota menemukan buku dongeng klasik yang merepresentasikan asal usul orang di kotanya. Regina Mills, si walikota yang merupakan ibu angkat Henry adalah jelmaan dari Evil Queen.

Henry berusaha mencari ibu kandungnya, Emma Swan ke New York. Menurut bukunya, Emma adalah putri dari Snow White dan Prince Charming yang akan mematahkan kutukan Evil Queen.

Serial ini sangat menarik dari season awal sampai yang terbaru pada season 6. Dengan sentral dari keluarga Snow White, Once Upon A Time juga menghadirkan tokoh-tokoh dari dongeng lain yang saling berhubungan. Hubungan antara karakter-karakter dongeng ini yang membuat cerita ini menarik. Dalam Once Upon A Time juga dikisahkan banyak plot twist menarik yang mungkin akan berbeda dari yang kita ketahui. Misalnya Peter Pan yang dalam dongeng aslinya merupakan anak laki-laki yang baik hati di cerita ini dikisahkan sebagai penjahat paling berbahaya.

Villain-villain dalam serial ini tidak digambarkan secara hitam putih. Tokoh utamanya juga tidak sempurna layaknya dongeng disney. Para princess di serial ini pernah melakukan kesalahan yang berakibat fatal. Tapi itulah menariknya kisah ini. Cerita terkesan lebih real dan masuk akal. Perkembangan karakternya juga menarik, seperti Evil Queen yang berawal dari penjahat utama perlahan-lahan berkembang menjadi lead di kubu pahlawan.

How I Met Your Mother (9 Season)

 

 How I Met your Mother bercerita tentang persahabatan antara Ted Mosby dan keempat temannya, Marshal, Lily, Robin dan Barney. Ted di tahun 2030 bercerita kepada anak-anaknya tentang kehidupannya saat masih muda sampai ia berhasil bertemu dan menikahi ibu dari anak-anaknya sekarang.

Meskipun plot serial ini adalah tentang perjuangan Ted menemukan soulmatenya, tapi persahabatan mereka berempat tetap yang paling menonjol. Serial komedi ini pertama tayang tahun 2005 dan season terakhirnya tayang tahun 2014. How I met Your Mother adalah serial komedi favorit saya. Banyak orang yang membanding-bandingkannya dengan serial lawas "F.R.I.E.N.D.S". Tapi saya belum menonton friends jadi tidak bisa memberikan komentar.

OB (2 Season)

OB adalah sitkom Indonesia yang diproduksi starvision.  Serial yang ditayangkan RCTI tahun 2006 ini merupakan serial tv indonesia favorit saya. Ceritanya berfokus pada karyawan-karyawan di Departemen HRD sebuah stasiun TV (OKTV). Karakter sentralnya adalah Saodah, OB yang suka malak Ob lainnya yaitu Sayuti, Mail, Susi dan Ipul. Cerita juga berfokus pada staf lain di departemen HRD seperti Pak Taka sang manager serta stafnya Sacya, Gusti, Hendra dan Tari. Keseharian orang-orang ini yang ditampilkan dalam komedi situasi yang lucu.

Police 86 (3 Season)

Police 86 adalah sebuah sitkom in house yang ditayangkan Trans Tv pada tahun 2010 silam. Bercerita tentang lembaga kepolisian yang dipimpin oleh kapten Drajat dan diwakili oleh kapten Rena. Mereka memimpin anak buah yang kepribadiannya konyol dan saling bertolak belakang. Ada Broto, Vero, Alex, Ojim, Sissy dan Oxcel. Meskipun konyol, tapi mereka team yang solid dalam menangkap penjahat. Tiap episodenya ada kasus berbeda yang mereka tangani. Ada pergantian tokoh dan pemain pada Season 2. Tapi masih tetap menarik dan lucu. Sementara season 3-nya sudah tidak menarik lagi menurut saya. Di season 3 Broto sudah jadi komandan, tapi cerita hanya menampilkan keseharian di kantor saja :(

The Librarians (On Going Season 3)

 

The Librarians adalah serial fantasi keluaran TNT yang tayang sejak tahun 2014 silam. Saat ini sedang dalam penayangan season ketiganya. Premise serial ini merupakan kelanjutan dari Film The Librarian series yang dibintangi Noah Wyle. Pada serial ini, karakter Flynn yang juga diperankan oleh Noah Wyle merekrut 3 pustakawan baru. Mereka adalah Jacob Stone, seorang ahli pertambangan yang jenius, Cassandra seorang ahli matematika yang terserang kanker dan Ezekiel John yang merupakan seorang pencuri yang bekerja pada Ratu Elizabeth. Mereka bertiga dengan karakter yang sangat bertolak belakang harus bekerja sama menggantikan Flynn mencari perpustakaan yang tersesat dalam ruang dan waktu. Dalam menlakukan aksinya mengamankan artefak-artefak kuno, ketiga pustakawan ini dibantu oleh seorang guardian bernama Eve Baird, seorang kolonel yang tegas tapi seksi.

Perpustakaan dalam serie ini bukan hanya menyimpan buku, mereka menyimpan pengetahuan dan artefak sejarah yang berbahaya. Sudah pasti ada tugas mereka juga tidak gampang.

Gotham (On Going Season 3)

 

Gotham adalah crime-series milik Fox yang mulai mengudara tahun 2014 silam dan saat ini sedang tayang season ketiganya. Gotham mengambil setting di gotham city jauh sebelum kisah dalam Batman series terjadi. Pada serial ini, tokoh Bruce Wayne (Batman) masih berumur 12 tahun. Maka fokus utamanya adalah pada sepak terjang James Gordon muda yang baru bertugas di gotham. Di gotham ia harus berhadapan dengan berbagai intrik yang terjadi di kepolisisan sambil menyelesaikan kasus kematian orang tua Wayne. Di serial ini juga dikisahkan origin dari villain-villain dalam film batman yang terkenal. Seperti Selina Kyle (cat woman), Oswald Cobblepot (Penguin), Edward Nygma (Riddler), Harvet Dent (2 Face) dan lain-lain.

2 Broke Girls (On Going Season 6)

Sitkom ini bercerita tentang persahabat Caroline dan Max. Max berasal dari keluarga miskin yang sudah terbiasa susah. Sedangkan Carolin adalah putri kaya raya yang jatuh miskin. Mereka berdua punya mimpi untuk membuka toko cupcakes sendiri. Saat ini mereka bekerja sebagai waitress di restoran milik Han Lee. Kelucuan bukan saja berasal dari tingkah Max dan Caroline yang saling bertolak belakan. Tapi juga dari rekan-rekan di tempat mereka bekerja.

Sitkom yang sudah memasuki season ke-6 ini ditujukan untuk orang dewasa. Banyak lelucon-lelucon kotor yang dilontarkan. Tapi sangat menghibur.

Smallville (10 Season)

 

 Smallville adalah serial TV yang cukup panjang. Mulai ditayangkan tahun 2001, serial ini baru berakhir di tahun 2011 pada season kesepuluhnya. Premisenya bercerita tentang perjalanan Clark Kent muda sebelum menjadi Superman. Di awal kisah diceritakan persahabatannya dengan Lex Luthor yang akhirnya menjadi villain utama dalam serial ini.

Dalam penayangan yang cukup panjang ini, tidak hanya terjadi perkembangan karakter Clark dan orang-orang disekelilingnya. Tapi juga tentang hubungan asmara masing-masing. Lepas dari cinta pertamanya yang bikin baper dengan Lana Lang, Clark Kent akhirnya malah jadi dengan Lois Lane yang baru muncul belakangan. Di serie ini juga banyak karakter hero DC lain yang muncul. Tentu dalam versi yang lebih muda seperti Green Arrow, Flash, Aquaman, Supergirl dan lain-lain.

Tetangga Masa Gitu? (3 Season)

Tetangga Masa gitu? adalah sitkom produksi Net Tv yang baru saja selesai season tiganya bulan Juli tahun ini. Ceritanya berfokus pada dua pasangan suami istri berbeda generasi. Meraka tinggal bersebelahan di sebuah kompleks perumahan. Ada pasangan Adi dan Angel yang sudah menikah selama 10 tahun tapi belum punya momongan. Di sebelahnya ada Bastian dan istrinya Bintang yang merupakan pengantin baru. Banyak cerita kocak dari keseharian mereka.

Perception (3 Season)

 

Perception adalah serial kriminal sejumlah tiga season yang baru saja selesai season tiganya tahun 2015 lalu. Yang membedakan serial ini dengan serial detektif atau police prosedur lainnya adalah dari karakter utamanya. karakter utamanya, Dr. Priece adalah seorang dosen yang menderita Skizofrenia. Dia sering berbicara dengan orang-orang khayalan yang ada di otaknya. Uniknya justru teman-teman khayalannya itulah yang membantunya memecahkan teka-teki kasus.

Dr. Priece membantu sahabatnya Kate, seorang agen FBI yang dulu adalah mahasiswanya. Hubungan mereka sempat berkembang jadi hubungan romantis sebelum Pierce menghindarinya karena penyakit yang dideritanya.

Itu tadi 10 serial tv terbaik versi saya. Teman-teman ada rekomendasi lain? Share di comment dong. Atau ayo buat postingan seperti ini juga, lalu linkback kesini biar kita bisa saling berkunjung :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo, tinggalkan jejak... :)