Sabtu, 15 Oktober 2016

Being a part time freelancer (pengalaman saya berburu job di projects.co.id)

Kata orang-orang, kita gak bisa sukses kalau bekerja bukan di passion kita. Awalnya saya juga berpikir begitu, sampai saya sadar bahwa hidup tidak sedangkal itu. :D Saya sangat menyukai dunia literasi. Mau itu fiksi, artikel ringan sampai jurnal ilmiah saya lahap. Bagi saya kepenulisan adalah passion saya.

Tapi jalan hidup tak semulus itu. Saya tak bisa bekerja sebagai editor atau proofreader di penerbit besar seperti yang saya impikan karena saya tidak kuliah di jurusan sastra (inipun nggak lulus). Tapi bagaimanapun juga saya harus tetap struggle, passion bukan lagi hal utama.

Dan jadilah saya bekerja di industri F & B. Jenjang karir saya cukup mulus. saya memulainya sebagai pelayan dan akhirnya saya bisa jadi koki senior :).
Saya langsung menyukai bidang baru ini, tapi saya tidak pernah melninggalkan passion saya di bidang literasi. Blog adalah salah satu pelarian saya. Saya juga rutin mengikuti even menulis kecil kecilan (yang kadang bahkan gak ada hadiahnya).Sampai saat ini saya masih menganggapnya hobi. Tidak berniat untuk menghasilkan uang. Paling paling saya cuma dapat beberapa tawaran buku gratis dari penerbit untuk direview, yang sudah membuat saya kegirangan. (Saya punya blog khusus untuk mereview buku di sini).

Sekarang saya yakin bahwa pekerjaan kita gak harus sesuai dengan passion. Karena dengan begitu kita jadi punya dua hal untuk diperdalam.Apalagi pekerjaan saya sekarang tidak terlalu menyita waktu.

Hingga suatu hari saya melihat postingan di beranda Facebook tentang projects.co.id. Saya klik linknya dan saya dibawa menuju ratusan lowongan kerja online yang bisa saya bid jika telah mendaftar. Saya langsung register saat itu juga. Walaupun saya agak kesal karena daftarnya agak rempong. Ada captcanya, password juga harus terdiri dari kombinasi angka dan huruf (huruf besar dan huruf kecil). Padahal saya sering kesulitan menghafal password akun media sosial. Kelak saya bersyukur dengan persyaratan yang saya anggap rempong itu, karena password yang selama ini saya gunakan di tempat lain gampang dilacak dan pernah diretas :(.

Saya bid semua proyek yang menurut saya sanggup saya kerjakan. Nilai proyeknya bervariasi, mulai dari 50 ribu sampai jutaan. Hasilnya bisa ditebak, saya belum jebol satu proyek pun. Tapi untungnya, saya gak perlu cek ke projects.co.id tiap hari. Karena mereka memberitahukan hasil penawaran kita via email. Dan saya tidak pernah putus asa. Tetap bid lagi dan belajar dari kegagalan. Projects.co.id juga memberikan tips-tips bagaimana supaya kita bisa lolos bid proyek. Terkadang saya juga suka iseng mengklik profil dari teman yang memenangkan bid. Sekedar belajar dari profil dia.

Alhamdulillah, hari hari berikutnya mulai ada kemajuan. Mulai ada beberapa bid yang saya menangkan, walaupun semuanya masih di range mikro proyek. Tapi tak apa, bukankah segala sesuatu dimulai dari yang paling kecil? Lagipula masih ada ratusan lowongan kerja online yang bisa saya bid disana. Itupun selalu bertambah tiap harinya. Dan yang terpenting, saya tetap bisa menekuni passion saya tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama yang juga saya senangi.

Berikut adalah nilai plus yang bisa saya temukan di projects.co.id :
1. Securitynya nomor satu. Dari mulai log in, bid proyek sampai withdraw "gaji" mengikuti prosedur yang ketat.
2. Kita bisa browse lowongan berdasarkan kategori
3. Hasil bid selalu diinfokan kepada semua peserta, baik yang memenangkannya atau tidak. Yang menang juga dikirim notifikasi via sms.
4. Ada jaminan kita pasti dibayar. Karena sebelum kita mengerjakan proyek, owner harus membayar dulu ke rekening projects.co.id. Jadi owner tidak seenaknya membatalkan proyek.
5.Ada sanksi(arbitrase) bagi yang melanggar, baik dari pihak owner ataupun dari pekerja.
5. Fee yang diambil cukup kecil, hanya 12 % dari nilai proyek.
6. Withdraw "gaji" yang gampang. Kita nggak perlu punya paypall atau kartu kredit. Cukup rekening di Bank Lokal. Dan untuk Bank yang bekerjasama dengan Projects.co.id, minimum penarikan adalah 10.000 rupiah.
7. Lowongan yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari design, writing, data entry, web developer, consultant dan lain-lain.

Itulah pengalaman saya sebagai "part time freelancer" di projects.co.id.

5 komentar:

  1. waah... noted ntar coba-coba buka project ah siapa tau ada jodoh kerjaan disana... makasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo daftar juga mbak. Ada banyak proyek yang bisa kita bid

      Hapus
  2. waah... noted ntar coba-coba buka project ah siapa tau ada jodoh kerjaan disana... makasih infonya...

    BalasHapus
  3. dijelaskan lah bg kerjaan di project dot co dot id itu apa aja, mana tau aku bisa nyelip

    BalasHapus
  4. proyeknya lumayan lengkap bang, ...
    -writing & translation
    - sosmed marketing
    - Deasain dan logo
    - wed development
    - data entry
    - konsultasi
    -aplikasi android
    Yang susah cuma dapat order pertama bang. Karena kita belum dapat rating. Ntar kalau udah dirate lebih gampang. :)
    Semoga membantu,

    BalasHapus

Ayo, tinggalkan jejak... :)